RSS

Asumsi Filsafat



Filsafat pendidikan matematika terdiri dari kata filsafat dan pendidikan matematika. Bukan terdiri dari kata filsafat, pendidikan, dan matematika. Pendidikan matematika sebaiknya menjadi satu-kesatuan. Hal ini disebabkan  tidak sederhananya menggabungkan kata pendidikan dan matematika karena akan menimbulkan masalah. Sebaiknya komprehensif antara pendidikan dan metematika, sehingga terbentuklah pendidikan matematika. Berbicara mengenai filsafat pendidikan matematika dapat diartikan filsafat di depan kata pendidikan matematika. Secara substansi, penempatan kata filsafat bisa ditempatkan di tengah, awal atau akhir. Analog merupakan alat untuk berfilsafat. Jadi berfilsafat menggunakan bahasa analog. Analognya, filsafat bisa ditempatkan di depan kata yang lain. Misalnya, filsafat matematika, filsafat pendidikan amtematika, filsafat sains, filsafat pendidikan sains, filsafat seni, filsafat olahraga, filsafat politik, filsafat hidup, filsafat mati, dan seterusnya. Filsafat bisa diletakkan di depan kata apel. Seperti halnya dunia, yang bisa diletakkan di depan kata apapun, misalnya dunia kerja, dunia malam, dunia siang, dunia anak, dunia orang tua, dunia percintaan, dunia KKN-PPL, dan seterusnya. Apapun yang kita katakan bisa ditambahkan kata dunia di depan kata tersebut.
Oleh karena itu, logika elementer orang awam, kita urusi dulu filsafatnya, baru nanti akan mengenai pendidikan matematikanya. Kalau sudah berbicara mengenai filsafat, maka berbicara dunia pendidikan matematika sangat gampang. Ada asumsi atau anggapan dasar yang dipakai untuk tempat berpijak. Asumsi tersebut harus dipilah-pilah. Ada yang bersifat kontradiksi atau bertentangan. Asumsi adalah melihat fakta tentang kondisi faktual kita sendiri. Kita sekarang sedang melakukan perjalanan yang kencang. Ibarat seorang pelari sedang berlari kencang, ibarat sebuah motor sedang ngebut, ibarat kereta sedang berjalan kencang.
Usia  kita sekarang sekitar 20, 21 dan 22. Dalam banyak hal, kita masih berusaha dengan keras untuk memperolah fakta atau keadaan yang mewujudkan cita-cita dan kita dalam keadaan tertentu yang masih bersifat potensi. Misal, kita disini sebagai calon guru, berarti potensi menjadi guru. Bagi yang laki-laki berpotensi menjadi suami karena sekarang masih menjadi calon suami. Sedangkan Pak Marsigit sudah bukan potensi lagi, tetapi sudah menjadi fakta bahwa beliau sudah memiliki cucu, meskipun dalam hal ini tetap memiliki potensi mempunyai cucu lagi.
Filsafat itu bebas dan merdeka dari motif atau tekanan. Dalam setiap kesempitan, pasti ada solusi. Asumsi ini yang merupakan tata cara atau metode. Rasa ingin tahu orang muda masih besar layaknya balita yang baru mengenal dunia luar. Yang mencoba mengenali dunia luar dengan mengulum setiap benda yang dipegangnya. Maka menjadi bahaya ketika orang dewasa masih berfikir seperti balita. Misalnya, orang tua yang ditagih hutang, menanyakan artinya depkolektor, menanyakan hakikat hutang, menanyakan saya di atas bumi atau tidak, dst.
Sangat menyedihkan ketika kita berfilsafat tapi hidupnya menjadi kacau balau. Di dalam kesempitan selalu mengandung kelapangan, di dalam kesusahan pasti ada kemudahan. Setiap persoalan pasti mengandung solusi. Asumsi juga merupakan tata cara. Kita akan belajar mengenai objek. Pak Marsigit akan menunjukkan bahwa filsafat bisa berdiri atas apa saja. Faktanya bagaimanapun juga kita sudah bisa dikatakan sebagai orang dewasa walaupun klasifikasi logika berpikir masih bisa diturunkan atau dinaikkan di atas anak-anak. Misalnya, dari sisi rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu tidak hanya dimiliki oleh seorang baik. Kita yang dewasa, kakek-kakek seperti Pak Marsigit pun memiliki rasa ingin tahu. Sampai orang yang akan meninggal dunia pun memiliki rasa ingin tahu. Misal, bagaimana rasanya bertemu malaikat. Bagaimana rasanya ditanya malaikat. Metodenya yang bermacam-macam. Ada metode orang tua, anak-anak, bayi. Misal bayi mengulum benda-benda untuk mengenal dunia luar. Dan demikian seterusnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar